Welcome....


Senin, 14 Agustus 2017

BAPAK...

Setahun lebih sudah Allah Subhanallahu wa ta'ala memperlihatkan garis takdirnya untuk kami sekeluarga. Tepat dihari ke 2 Ramadhan jam 23.00 wita di RS dirgahayu ruang ICU.........
Jalanan menuju kuburan bapak -yangkungnya anak anak-




ps.. belum sanggup melanjutkan



Selasa, 03 Maret 2015

KATA KATA TABU DI DAPUR ANDA

Kata kata tabu di dapur?

adakah?
Bagi ummi (red:ibu saya) . kata-kata yg paling anti diucapkan saat di dapur itu ada.
TEKOR
RUGI
MUBAZIR

begini ceritanya. dahulu kala jaman saya masih meniti dunia keartisan (kedapuran). awal awal nekat nerima orderan. Tidaklah semulus sekarang. untuk membuat satu cake hias saja. saya hampir mengeluarkan seluruh isi rak piring, sebagian sendok, seperempat lusin mangkok dan sekitar 2 lusin lap. untuk apa? jangan tanya. namanya juga panik, senang aja menghambur barang LOL.

Dan tiba masanya saya menrima snack potong pertama yang lumayan banyak untuk ukuran pemula seperti saya. apalgi saya yg saat itu belum bisa me manage waktu dengan baik. sebenernya hanya 100 potong roll cake mini. yang saat itu saya sudah lumayan sering mengolahnya. masih bisa di handle (sepertinya) oo ya kalau g salah ada orderan Birthday Cake lain saat itu. Alhasil si roll cake dibuat mepet dimalam harinya. tentu saja saya minta bantuin ummi. karna bener2 belum terlatih di medan pertempuran.

Untuk membuat 100 pcs rollcake rencana nya saya membuat 11 rollcake mini dengan menggunakan 2 otang hock. dari pengalaman yg sudah-sudah semua bisa terkendali dan terhandle sesuai rencana

batch pertama buat 2 roll
panggang. 10 menit kemudian diperhatikan mulai ada keanehan. kenapa seperti bnyak gelembung udara yg keluar. gak ngembang dan sebagainya. harusnya dlm waktu segitu sudah ada perubahan selayaknya bolgul,
mulai keringat dingin. bener aja 10 menit kemudian sudah matang atasnya tp bawahnya ga karu2an. gak layak gulung dan sebagainya. udah jam 10 malam. panik? jelas. ikha gitu loh (lah bangga :DD) ya maksudnya saya tipe org yg gampang panikan memang. tapi masih usaha bikin lagi walau pikiran udah kemana mana. saya bikin lagi dan lagi dan lagi sampai adonan bolu gulung yg ke 8. hasilnya/
Alhamdulillah ancur mina. ada yg ketipisan ada yg gosong sebagian. ada yg patah. masalahnya rata-rata sama adonan tidak mengembang sebagaimana mestinya. entah apa yg salah. karana sampai sekarang juga jadi misteri . x-files my kitchen no 000001 (ini baru awal kasus ye, masih banyak kasus-kasus ajaib dikemudian hari)

dan saya cuma bisa sesenggukan nangis bombay ngik ngiok mgok gitu... (nangisnya pun fals saudara-saudara) dan ummi yg jg udah capek karna bantuin dari tadi akhirnya balik ngomelin ( ini ni nasib deket ortu, biar udah gede aje teteup dianggap anak kecil. lah tp emang iya hari itu saya kayak anak kecil. ROTFL)

"percumaaa nangis gitu ga bakalan bikin tu roll cake bisa ngegulung sendiri, ya mau gimana lagi coba"
ane : "huuhuhuu"
"namanya usaha itu harus positif thingking. kalo kerjanya nangis2 aja mana bisa selesai"
ane : "huuhuhuuhu"
"makannya kalau kerja itu baca bismillah"
ane : "huuhuhuuhu"
"kamu kenapa masihmewek"
ane :"capeekkkk"
"ya udah kerjain aja semua biar cepat selesai"
ane : "telur, tepung, gula habis mi, gas jugaaaa huaaa"
lirik jam udah jam 2 malam
tekor mi tekor aku
dan keluarlah wejangan ummi

"kalau apa-apa mikir tekor kamu ga ikhlas namanya. ga ada di dunia ini yg namanya tekor (nb :tu catet tu dikamus emak ku kata kata tekor sudah dimusnahkan). Jangan sekali sekali kamu nyebut2 tekor, rugi, atau apa itu"
"oo ini ni dari awal pas udh gagal udah bilang tekor duluan akhirnya beneran gagal semua kan" ummi masih merepet
"kalau niat dagang itu yang ikhlas. harus nerima sepaket senengnya sedihnya. kalau memang harus keluar duit lebih ya sudah jadikan pelajaran" "duit bisa dicari, tapi berkah itu juga penting"
"awas aja nyebut nyebut kata kata TEKOR lagi. mending ga usah jualan aja sekalian"

srrooottt (intermezzo soalnya waktu itu ingusan)
"jadi gimana mi?"
"ya mau gimana lagi ayo dah ummi temenin cari telur sama gas"
saat itu gerimis dan jam 2 malam. pas suami memang belum pulang counter. jadi ummi harapan satu satunya yg bisa nemenin. aslinya pesimis kalau bakal liat ada warung buka, ternya Alhamdulillah bejejer di pasar dekat rumah warung yang masih buka.
Bismillah diniatin ga ngerti juga gimana saat itu tiba2 aja semua roll sukses. dalam waktu yg mepet pet peettt di menit2 terakhir rollnya mau diambil. legaa dan sudah ga mau mikir dan ga mau itung2an lagi.
bener kan guru yang paling berharga itu pengalaman dan kegagalan. diinget bener2 diinget bahkan sampai sekarang saya jarang pakai kata2 tekor rugi dan apalah apalah itu saat di dapur.

pelajaran yang bener2 membekas sampai sekarang


nb: nggg apa ya? silahkan diambil kesimpulan sendiri :p
           

 ini dia Rollcake Nightmare
    




              ....setahun kemudian                                               


kepada newbie yang merintis usaha bakulan kue. semangaaatttt ya. salam peluk hangat. jangan menyerah. Bismillah aja
                                                                                    

Sabtu, 22 Februari 2014

I'M BACKKKK

bismillah..
Huwaaaa sudah berdebu dan tak terurus. sungguh sungguh kangeennnnnnnnn ngisi blog ini. kesiannya gak da yg rapiin hik. btw ane udah sekitar setaun lebih gak nengok ya. terlaluuuuuuuuuu. memang selama setaun atau 2 tahun ini terjadi yang istilahnya. transformasi dari yang dulunya tukang baca resep sekarang jadi tukang bakul kue. uhuuk rasa geli nyebutnya. rasa gak percaya. tapi ya ternyata kejadian.

percaya gak percaya yang dulu awut awutan tampilan cake nya sekarang lumayaann lah not bad.
 heehe lumayan kan ya. iiya ajaa gin lumayan  hiihi. okee kali ini mesti lebih rajin lagi share resep etc. moga ingat dan gak malas lagi aamiinn

Sabtu, 22 September 2012

Roti tanpa telur

-roti tanpa telur-
resep asli di just try and taste



Bahan 

- 280 ml air hangat kuku, masukkan jari anda ke dalamnya untuk mengetes apakah air cukup hangat (ikha pake susu hangat gak nyampe 280 ml kayaknya)
- 420 gram tepung terigu protein tinggi atau serba guna (mis. Cakra Kembar atau Segitiga Biru) + 50 gram untuk taburan meja
- 20 gram susu bubuk atau 3 sendok makan
- 25 gram gula pasir atau 2 sendok makan
- 2 sendok teh baking powder (pastikan fresh, cek masa kedaluarsa, gunakan double acting baking powder)
- 1 1/4 sendok teh garam
- 2 sendok teh ragi instant (pastikan fresh dan tidak kedaluarsa, gunakan jenis instan dan bukan gist, misal merk Fermipan)
- 1 sendok teh bubuk vanili 
- 40 gram mentega atau 3 sendok makan

isi : sosis, coklat, mentega+gula palem+gula pasir atau apa aja dah sesukanya

Kamis, 30 Agustus 2012

Belajar Baking yuk!



Kalau ditanya  Bisa masak gak? Walah 5 tahun berumah tangga. moso gak bisa masak :D.
 Berarti pinter atau jago masak nih? Nggg nggak juga sih
Lah gak jelas. Jadi bisa masak atau enggak too?

      Hehe yaaa gitu deh, kemampuan masak saya standar saja sebenarnya. Jam terbang memasak memang banyak.  Tapi banyak juga trial dan error nya. Lebih tepatnya human error (dari saya sendiri :D).
Bisa mengerti dan mau memahami dunia persilatan eh dapur sejak saya dilamar calon suami 5 tahun yang lalu. hihi Saat itu saya kelabakan dan ngebut belajar memasak dari Ummi (red:ibu). JIaaahhh  nyesel-nyesel gak belajar bener-bener dari dulu. Bantuin ummi hanya sepintas lalu, kalau mau masak masakan kesukaan saya aja. Itupun pakai acara ngedumel pula. Tobat. Tobat nasuha deh pokoknya. Habisnya mau gimana lagi (dulu) saya memang gak suka sama kegiatan masak memasak atau keterampilan perempuan yang lain. Kenapa? Saya juga gak tau :D kenapa dulu bisa gak suka ya.

Kamis, 23 Agustus 2012

mini cake Blackforest

Niat hati ingin bikin cake yang utuh dengan hiasan cantik di har lebaran eh tapi kenapa malah jadi begini???

yo wes lah yang penting udah usaha. jadinya mini cake black forest,, ternyata lembut juga walau gak pakai kuning telur banyak2. pas lah pokoknya. resep dari ncc

Black Forest
Bahan:
8 bt telur (ukuran sedang)
60 gr coklat bubuk
40 gr maizena
100 gr terigu protein rendah/sedang
1 sdm emulsifier (=15 gr)
100 gr mentega, lelehkan
200 gr gula pasir
1/4  sdt vanili

Cathar 2 : lagi-lagi tentang benang

Seharusnya hari ini ngelanjutin tulisan buat lomba blog.. tapi gak tau kenapa jadi kehilangan selera :'(. gini ni kalau lagi PMS, bawaanya sensi melulu.padahal gak tau apa yang di sensi in ya. (pms jadi kambing hitam) agak terhibur juga ngeliat pattern crochet. seperti biasa. ol sambil megang jarum (kebayang gak)..

kebetulan buka link di bookmark. eh inget deh kalau ada satu lomba yang belum diikuti dari blognya mbak ajeng di http://poyenghobby.blogspot.com ,

ikutan ah.. moga2 aja ada rezeki disini. lumayan biar bikin semangat lagi

Para rajuters indonesia pasti kenal poeyeng.  rata-rata para senior di dunia crochet / kniiting. pasti nyebut 'poyeng'
kalau ditanya soal ol shop benang yang lengkap dan bagus. kualitas terjamin dan gak kalah dengan produk import

sampai sekarang belum ada nyentuh benang poyeng yang konon bisa bikin lupa diri (sangking lembutnya) tapi alhamdulillah akhirnya di kota saya ada juga rajuters yang akhirnya re seller in benang poeyeng.
Pastii akan beli, cuma belum ada waktu untuk main ke rumah Rajuters tersebut.

Semoga ada rezeki lebih biar bisa borong benang. aamiin